Monday, December 26, 2011

Peluang Usaha DROPSHIPPING

Sekilas Tentang DROPSHIPPING

Dropship adalah bisnis dengan metode penjualan barang/produk di mana penjual menerima pembayaran untuk pesanan dari pelanggan dengan harga eceran, lalu penjual meneruskan pembayaran ke produsen dengan harga partai.Kemudian Produsen yang akan mengirimkan barang ke pelanggan tetapi atas nama penjual.


Keuntungan Bisnis dengan Metode Dropship

* Penjual tidak perlu mempunyai stok barang
* Tidak memerlukan modal yang besar (cukup memperlihatkan gambar barang ke pelanggan)
* Tidak Memerlukan Gudang/toko untuk Inventory
* Persiapan hingga pengiriman barang ke pelanggan dilakukan oleh Produsen.
* Sangat Mudah dijalankan oleh siapapun.

Kekurangan Bisnis dengan Metode Dropship

* Harus Mengetahui Stok Barang dari produsen. Jika barang habis dan ada permintaan maka harus mencari produsen/supplier yang lain yang mempunyai barang yang sama.
* Jika Terjadi keterlambatan pengiriman atau kesalahan barang maka penjual harus siap untuk menerima komplain/keluhan dan harus siap untuk bertanggung jawab. Karena barang yang dikirim adalah atas nama penjual. Pelanggan hanya mengetahui bahwa barang tersebut adalah milik penjual dan tidak mengetahui produsen/suplier.
Jadi sebaiknya sebelum memutuskan untuk melakukan bisnis atau usaha dengan metode dropship, Ketahuilah dengan baik terlebih dulu produsen/suplier/DROPSHIPPERnya.Sebaiknya pilih yang mempunyai kredibilitas yang baik dan sudah terpercaya.

Perbedaan DROPSHIP dengan MAKELAR

Perbedaan antara pelaku dropship dengan makelar adalah pengirim barang yang tidak lain adalah Produsen/supplier yang mengirimkan barang ke pembeli akan menuliskan bahwa pengirimnya adalah penjual yang bersangkutan, bukan produsen/supplier, sehingga apabila suatu saat pembeli ingin membeli barang lagi maka dia tidak bisa secara langsung mengetahui produsen/supplier melainkan melalui penjual.
Sedangkan MAKELAR hanya sebagai perantara yang mempertemukan secara langsung antara penjual dan pembeli.Jika dikemudian hari pembeli ingin membeli barang lagi dari penjual maka boleh langsung tanpa melalui MAKELAR lagi.

Berikut beberapa situs dropshipper
http://www.urbanload.com/
http://www.designselling.com/
http://www.doba.com/
http://www.worldwidebrands.com
http://www.dropshipaccess.com/

Dropshipper Lokal
http://dropshipindo.com
http://idkaos.com/
http://www.toko-perhiasan.com/
http://panmomo.com/
http://www.auraclothingshop.com/home

No comments:

Post a Comment